Konsep Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an: Studi Analisis Tafsir Ibnu Katsir

Authors

  • Raihani Salma Amatullah Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an As-Syifa Subang
  • Apri Wardana Ritonga Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an As-Syifa Subang
  • Pitriyani Pitriyani Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an As-Syifa Subang
  • Nabila Aulia Nursalma Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an As-Syifa Subang
  • Desriliwa Ade Mela UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Keywords:

Konsep Pendidikan Islam, Al Qur’an, Tafsir Ibnu Katsir

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya berbagai tafsiran mengenai konsep pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep pendidikan Islam dalam Al-Qur’an perspektif tafsir Ibnu Katsir. Pendekatan yang digunakan dalam melakukan penelitian ini yakni pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kepustakaan serta tafsir tematik. Kemudian data dihimpun dari berbagai sumber yang relevan seperti Al-Qur’an, buku, dan artikel ilmiah yang selanjutnya dilakukan proses validasi data dengan cara mengumpulkan, membaca, mengklasifikasi, dan menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, tafsir Ibnu Katsir sangat relevan dalam membahas konsep pendidikan Islam; kedua, himpunan ayat yang membahas pendidikan Islam yaitu Q.S Al-Maidah: 67, Q.S An-Nahl: 125, Q.S An-Nahl: 125, Q.S Al-Baqarah: 31-32; Q.S Luqman: 11-19; ketiga, konsep pendidikan Islam perspektif Tafsir Ibnu Katsir terdiri dari beragam indikator seperti manusia sebagai pelaku pendidikan Islam, tauhid berperan penting dalam keberhasilan pendidikan Islam, metode dalam pendidikan Islam harus dilakukan secara baik dengan keteladanan dan nasihat sehingga dapat terinternalisasi dalam kehidupan, pendidikan Islam berperan penting dalam membentuk pribadi Islami, dan setiap muslim berkewajiban menuntut ilmu sepanjang masa. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa memahami konsep pendidikan Islam harus bersumber dari Al-Qur’an yang mana tauhid sebagai inti ajarannya dan ilmu-ilmu keislaman sebagai pendukungnya.

References

Ade Mela, Desriliwa, and Dasril Davidra. “Studi Komparasi Hadis Dan Sunnah Dalam Perspektif Fazlur Rahman.” Al-Fahmu: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir 1, no. 1 (2022): 27–35. https://doi.org/10.58363/alfahmu.v1i1.9.

Andriansyah, Andriansyah, and Ade Salahudin Permadi. “Analisis Konsep Pendidikan Islam Parenting Dalam Surah Luqman Ayat 12-19 Menurut Tafsir Ibnu Katsir.” Pedagogik: Jurnal Pendidikan 17, no. 1 (2022): 64–76. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3354.

Anwar, Saiful. “Internalisasi Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Surat Al-Hujurat Ayat 11-13 Menurut Tafsir Fi Zilalil Qur’an.” JIE (Journal of Islamic Education) 6, no. 1 (2021): 1. https://doi.org/10.52615/jie.v6i1.190.

Desrani, Ayu, Kamila Adnani, and Mar’atun Naziroh. “Pendidikan Karakter Dalam Program Asrama Bahasa Arab Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Di Man 3 Palembang.” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Strategi Dan Implementasi Pendidikan Karakter Pada Era Revolusi Industri 4.0” 3 (2020): 42–47.

FM, D. Zahra AS., Apri Wardana Ritonga, Awis Atansyah, and Anisa Auliya. “Penguatan Pendidikan Aqidah Islam Pada Anak Sebelum Usia Aqil Baligh.” Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam 4, no. 1 (2023): 78–97. https://doi.org/10.19105/rjpai.v4i1.8272.

Hidayat, Tatang, and Abas Asyafah. “Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (2019): 159–81. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729.

Husen, Mochmad. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 31-32 (Studi Komparatif Dalam Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Misbah).” Aksioma Ad-Diniyah 8, no. 1 (2020): 89–108. https://doi.org/10.55171/jad.v8i1.413.

Orba Manullang, Sardjana, Mardani Mardani, and Aslan Aslan. “The Effectiveness of Al-Quran Memorization Methods for Millennials Santri During Covid-19 in Indonesia.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2021): 195–207. https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1334.

Parnawi, Afi, and Dian Ahmed Ar Ridho. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di Smk Negeri 4 Batam.” Berajah Journal 3, no. 1 (2023): 167–78. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.209.

Priyanto, Sugeng, Darwin Hamisi, and Evi Octaviana. “Metode Pendidikan Agama Islam Dalam Al-Qur’an.” At Turots: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2021): 118–27. https://doi.org/10.51468/jpi.v2i2.45.

Ritonga, Apri Wardana. “Konsep Internalisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Bagi Generasi Milenial Berbasis Al-Qur’an.” Al-Afkar, Journal for Islamic Studies 4, no. 1 (2021): 72–82. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v4i1.170.

Rumondor, Prasetio, and Ahmad Putra. “Integrasi Interkoneksi Esensi Pendidikan Islam Dalam Pembelajaran Sains” 2 (2020): 331–41.

Siregar, Lina Mayasari. “Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Manusia Paripurna” 2, no. 2 (2017).

Sunarsa, Sasa. “Tafsir Moderat Tentang Musibah Pandemi Covid-19 (Kajian QS. Al-Hadid Ayat 22-23 Menurut Tafsir Ibn Katsir).” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies 5, no. 4 (2022): 66–82. https://doi.org/10.31943/afkar.v5i4.325.

Susanto, Susanto, Apri Wardana Ritonga, and Ayu Desrani. “Inovasi Manajemen Perencanaan Untuk Peningkatan Mutu Madrasah Dalam Situasi Covid-19 Innovation Management Plan for Quality Improvement of Madrasah in Covid-19 Situation Pendahuluan.” Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial 13, no. 1 (2022): 117–33.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Amatullah, R. S., Ritonga, A. W., Pitriyani, P., Nabila Aulia Nursalma, & Desriliwa Ade Mela. (2023). Konsep Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an: Studi Analisis Tafsir Ibnu Katsir. lumul Qur’an: urnal ajian lmu l-Qur’an an afsir, 3(2), 173–186. etrieved from https://ojs.stiudq.ac.id/JUQDQ/article/view/143