Netralitas Gender Terhadap Pola Asuh Anak Usia Dini Perspektif Qur’anic Parenting

Authors

  • Farida Nu Afifah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Keywords:

Netral Gender, Pola Asuk Anak Usia Dini, Quranic Parenting

Abstract

Pemberian peran sosial yang berbeda terhadap anak menjadi dasar sebuah keyakinan bahwa laki-laki berbeda dengan perempuan. Parenting netralitas gender perspektif Al-Quran menjadi salah satu solusi untuk menghapus stereotip dan diskriminasi atas nama jenis kelamin. Tulisan ini akan mengulas tentang ayat-ayat Al-Quran yang berkaitan dengan netralitas gender, faktor dan implikasi netralitas gender perspektif Al-Quran. Kajian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi pustaka (library research). Adapun hasil dari penelitian ini adalah secara tidak langsung netralitas gender dikaitkan dengan ayat-ayat Al-Quran terkait keadilan baik dalam arti sama, seimbang, atau memberikan hak-hak individu. Faktor pentingnya netralitas gender adalah untuk membangun mental pemberani dan percaya diri pada anak berdasarkan nilai-nilai Al-Quran. Anak akan merasa bebas mengekspresikan kemampuannya tanpa dibatasi jenis kelamin yang melekat pada dirinya namun tetap dalam koridor nilaikeIslaman. Adanya netralitas gender perspektif Al-Quran akan membantu anak terhindar dari stereotip, bebas marginalisasi dan bebas diskriminasi.

References

Setyawan, Rubini dan Cahya Edi, “Quranic Parenting: The Concept of Parenting in Islamic Perspective”, Al-Misbaah (Jurnal Islamic Studies) Vol. 9 No. 1, April 2021.

Adawiah, Rabiatul, “Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinyaterhadap Pendidikan Anak (Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan), Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol. 7 No. 1, Mei 2017.

Adawiyah, Siti Rabiatul, “Pola Asuh Orang Tua terhadap Perkembangan Anak berdasarkan Gender”, Musawa Vol. 13 No. 1, Juni 2021.

Arthasalina, Dian, “5 Alasan Pentingnya Pola Asuh Netral Gender pada Anak Usia Dini”, IDN Times, 10 November 2020, dalam https://www.idntimes.com/life/family/dian-septi-arthasalina-1/alasan-pentingnya-pola-asuh-netral-gender-pada-anak-usia-dini-c1c2, diakses pada 10 Mei 2023.

Ayun, Qurrotu, “Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak”, Thufula, Vol. 5 No. 1 Januari-Juni, 2017.

Azis, Abdul “Relasi Gender dalam Membentuk Keluarga Harmoni (Upaya membentuk Keluarga Bahagia)”, Harkat Vol. 12 no.2, t.t.

CTI Review, Humaan Intimacy, Marriage: Sociology, Social Problems, Cram101 Textbook Review, 2016.

Degges-White, Suzanne, “Gender-Neutral Parenting: What It Is, Pros, &Cons”, Choosing Therapy, 2023, dalam https://www-choosingtherapy-com.translate.goog/gender-neutral-parenting/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc. Diakses pada 17 Mei 2023.

https://artikula.id/abdul/quranic-parenting-pola-asuh-anak-perspektif-al-quran/ diakses pada Rabu 08 Maret 2023, pukul 22.58.

https://health.detik.com/beritahealth/d-6630258/makna-gender-netral-yang-viral-dikaitkan-putri-nadya-hutagalung/amp, diakses pada 24 Mei 2023.

Husna, Nurul, “Islamic Parenting: Aktualisasi Pendidikan Islam dalam Tafsir Q.S. Al-Baqarah/2: 132-133 dan Q.S. Luqman/31:12-19”, Skripsi diajukan kepada UIN Walisongo Semarang 2016.

KBBI V App, 2016-2020.

Krisnani, Sarah Apriliandra dan Hetty, “Perilaku Diskriminatif pada Perempuan Akibat Kuatnya Budaya Patriarki di Indonesia Ditinjau dari Perspektif Konflik”, Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik, Vol. 3 No. 1, 2021.

Maliha, Iqlima, “Konsep Parenting Nabi Ibrahim dalam Literatur Tafsir Nusantara”, Skripsi diajukan kepada IIQ Jakarta, 2021.

Marantika, Dwi, “Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak dalam Surah Luqman Ayat 13—19 (Studi Komparative antara Tafsir Ibnu Katsir dengan Tafsir Fii Zilalil Quran), Skripsi diajukan kepada UIN Sultan Syarif Kasim Riau, 2022.

Muafiah, dkk, Evi, ”Pengasuhan Anak Usia Dini Berspektif Gender dalam Hubungannya terhadap Pemilihan Permainan dan Aktivitas Keagamaan untuk Anak”, Palasteren Vol. 12 No. 1, Juni 2019.

Mufaroah, Ika Kurnia Sofiani, Titin Sumarni, “Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 4 No. 2, 2020.

Mufidah, Psikologi Keluarga Berwawasan Gender, Malang: UIN Maliki Press, 2020.

Muhajir, Ahmad, “Konsep Pendidikan Anak pada Kisah Nabi Ibrahim dan Lukam Al-Hakim dalam Al-Quran”, Murobbi: Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 6 Nomor 1, Maret 2022.

Muhyidin, Syaiful,”Konsep Keadilan dalam Alquran”, Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan Vol. 11 No. 1, April 2019.

Mustaqim, Abdul, Quranic Parenting: Kiat Sukses Mendidik Anak Cara Al-Quran, Sleman: Lintang Books, 2019.

Novitasari, Adolf Bastian dan Yesi, “Pendidikan Anak Usia Dini dalam Perspektif Gender”, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Vol. 6 No. 5, 2022.

Nurarini, Fadilah, “Pengaruh Rasa Syukur dan Kepribadian terhadap Psychological Well-Being Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus”, Skripsi diajukan kepada UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2016.

Oktarina, Ani, “Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Qranic Parenting”, JEA Volume 6 Issue 2 Juli-Desember, 2020.

Pratiwi, Mapa Ayu, “Konsep Parenting Kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail Pendekatan Tafsir Maqasidi”, Skripsi diajukan kepada IAIN Ponorogo, 2022.

R. Magdalena, “Kedudukan Perempuan dalam Perjalanan Sejarah (Studi tentang Kedudukan Perempuan dalam Masyarakat Islam)”, Harkat an-Nisa: Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol. 2 No. 1, 2017.

Rahman, Muhammad Taufiqur, “Model Pendidikan Anak Keluarga Nabi Ibrahim dan Keluarga Luqman Hakim”, Tarbawi: Journal On Islamic Education Vol. 3 No (2), 2019.

Rijal, Hmim Syaiful, “Parenting berwawasan Gender menurut Mufidah CH”, Skripsi diajukan kepada UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2021.

Rijal, Hmim Syaiful, “Parenting berwawasan Gender menurut Mufidah CH”, Skripsi diajukan kepada UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, 2021.

Rohmaniyah, Inayah, “Gender dan Kontruksi Perempuan dalam Agama” Jurnal Studi llmu-iImu AI-Qur'an dan Hadis Vol. io, No. 2, Juli 2009.

Setyawan, Rubini dan Cahya Edi, “Quranic Parenting: The Concept of Parenting in Islamic Perspective”, Al-Misbaah (Jurnal Islamic Studies) Vol. 9 No. 1, April 2021.

Solichah dkk, Aas Siti, “parenting Style dalam Perspektif Al-Quran (Analisis Ayat-ayat Al-Quran yang Berkaitan dengan Istilah Anak)” , Al-Burhan Volume 21 No 1 Juni 2021.

Subagia, I Nyoman, Pola Asuh Orang Tua: Faktor dan Implikasi terhadap Perkembangan Karakter Anak, Bali: Nilacakra, 2021.

Suhelayanti, Veryawan, Rabitah Hanum Hasibuan, “Pemahaman Pola Asuh Positif bagi Anak Usia Dini”, Transformatif: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 1 Januari-Juni, 2022.

Suryana, Dadan, Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik Pembelajaran, Jakarta: Kencana, 2021.

Umar, Nasruddin, Argumen Kesetaraan Jender Perspektif Al-Quran, Jakarta: Paramadina, 2010.

Werdiningsih, Wilis, “Penenrapan Konsep Mubadalah dalam Pengasuhan Anak”, Ijougs Vol. 1 No. 1, 2020.

Winarto, “Term-term Keadilan dalam Perspektif Al-Quran”, Syariati Vol. 3 No. 1 Mei 2017.

Zaitunah Subhan, Al-Quran dan Perempuan: Menuju Kesetaraan Gender dalam Penafsiran, Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri, 2015.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Nu Afifah, F. (2023). Netralitas Gender Terhadap Pola Asuh Anak Usia Dini Perspektif Qur’anic Parenting. lumul Qur’an: urnal ajian lmu l-Qur’an an afsir, 3(2), 250–263. etrieved from https://ojs.stiudq.ac.id/JUQDQ/article/view/155