Sarana dan Prasarana Belajar Dalam Pandangan Al-Qur’an

Authors

  • Nur Amalina Wafi' Azizah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Keywords:

Sarana, Prasarana, Al-Qur’an

Abstract

Penelitian menjelaskan mengenai sarana dan prasarana belajar dalam pandangan Al-Qur’an. Pendidikan adalah salah satu tonggak kemajuan negara yang berfungsi untuk meningkatkan SDM. Pendidikan di Indonesia telah diatur melalui UU RI No. 20 tahun 2003 BAB II Pasal 3 yang membahas mengenai fungsi Sistem Pendidikan Nasional yaitu untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam Pendidikan Islam bertujuan mencetak pribadi-pribadi Muttaqin. Sarana dan Prasarana Pendidikan adalah alat penunjang keberhasilan suatu proses upaya yang dilakukan di dalam pelayanan publik, karena jika kedua hal ini tak tersedia maka semua kegiatan yang dilakukan tidak akan tercapai dengan hasil yang diharapkan sesuai dengan rencana, Penggunaan sarana pembelajaran dilakukan secara efektif dan efisien dalam proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian library research (studi kepustakaan). Sarana dan Prasarana Pendidikan bisa dijelaskan dari beberapa ayat-ayat Al-Qur’an beserta penjelasannya, serta menganalisisnya. Ruang lingkup sarana dan prasarana ada proses-proses yang efektif yakni perencanaan sarana prasarana, pengadaan sarana dan prasarana, pendistribusian sarana prasarana, inventarisasi sarana prasarana, pendayagunaan sarana prasarana, pengawasan dan pemeliharaan, serta penghapusan sarana dan prasarana.

References

Ananda, Dr H Rusydi, dan Oda Kinata Banurea. Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan. Medan: Widya Puspita, 2017.

Arifin, Samsul, Afriza Afriz, dan Tuti Andriani. “Manajemen Sarana Dan Prasarana Perspektif Al-Qur’an Dan Hadist.” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial 4, no. 1 (2022): 398–406.

Arikunto, Suharsimi. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Jakarta: Rajawali Press, 1990.

Bafadal, Ibrahim. Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Bumi Aksara, 2004.

Daryanto, H.M. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Diana, Diana. “Supervisi Sarana dan Prasarana dalam Perspektif Pendidikan Islam di SD IT Al Hidayah Cibinong.” Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education 3, no. 1 (2022): 11–22.

Hamdi, Zainul. “Menilai Ulang Gagasan Integrasi Ilmu Pengetahuan sebagai Blue Print Pengembangan Keilmuan UIN.” dalam Zainal Abidin Bagir, dkk (editor), Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Yogyakarta: MYIA-CRCS dan Suka Press, 2005.

Hartani, A.L. Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Pressindo, 2011.

Matin, dan Nurhattati Fuad. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. DEpok: Rajawali Press, 2017.

Miski, Rihatul. “The Effect Of Infrastructures Toward Student Learning Results.” Jurnal Ta’dibi Vol. 4, no. 2 (2015).

Mujahiddah, Afwa Nur. “Pengaruh Sarana Dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sma Unggulan Mafazah Bogor.” Al-Munadzomah 1, no. 2 (2022): 81–90.

Mulyasa. Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2022.

Mustari, Mohamad. Manajemen Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Mutohar, Prim Masrokan. “Manajemen mutu sekolah: Strategi peningkatan mutu dan daya saing lembaga pendidikan Islam.” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Republik Indonesia. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Medan: Perdana Publishing, 2003.

Rohmansyah, Moh Suhri, dan Rijal Firdaos. “Manajemen Sarana Dan Prasana Pendidikan Perspektif Ayat-Ayat Al-Qur’an.” Journal of Islamic Education Leadership 2, no. 2 (2022): 157–68.

Sulistyorini; Manajemen pendidikan Islam/ Sulistyorini. Surabaya: Elkaf, 2006.

Susanto, Edi, dan Muslimah Muslimah. “Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan Islam dalam Al-Qur’an (Analisis Semiotik terhadap QS Al-Ghosiyah Ayat 17–20, Al-Maidah Ayat 31 dan Al-Mujadalah Ayat 11).” Modernity: Jurnal Pendidikan dan Islam Kontemporer 2, no. 1 (2021): 1–9.

Werang, Basilius R. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi, 2015.

Zainiyati, Husniyatus Salamah. “Model Kurikulum Integratif Pesantren Mahasiswa dan UIN Maliki Malang.” Ulumuna journal of Islamic studies 18, no. 1 (2014): 134–58.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Nur Amalina Wafi’ Azizah. (2024). Sarana dan Prasarana Belajar Dalam Pandangan Al-Qur’an. lumul Qur’an: urnal ajian lmu l-Qur’an an afsir, 4(2), 323–339. etrieved from https://ojs.stiudq.ac.id/JUQDQ/article/view/257