Menelisik Living Quran pada Ormas: Tradisi Sima’an dan Tadabbur Majelis Wening Ati di Desa Kebonan Boyolali

Authors

  • rosyid munawar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Rifki Hirzumaula Muhammad Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hasani Ahmad Said Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Keywords:

Konstruksi Sosial, Living Quran, Sima’an, Tarbiyah, Wening Ati

Abstract

Al-Quran beserta interaksinya dengan khalayak masyarakat muslim secara umum di berbagai wilayah memungkinkan adanya berbagai macam respons maupun perlakuan yang beragam. Bahkan banyak fenomena di kalangan masyarakat dalam menerapkan al-Quran di konteks keseharian baik dalam bentuk tradisi maupun kebiasaan yang didasari oleh al-Quran itu sendiri. Salah satu dari beragamnya fenomena tersebut adalah majelis Wening Ati, yang merupakan forum dakwah di bawah gerakan Tarbiyah yang di dalamnya menerapkan penghidupan al-Quran pada kehidupan keseharian (Living Quran) dalam bentuk sima'an hafalan dan tadabbur ayat al-Quran yang bersifat wajib di setiap pelaksanaan majelis tersebut. Kegiatan sima'an dan tadabbur pada majelis Wening Ati, yang apabila dilihat konstruksinya menggunakan teori Konstruksi Sosial oleh Berger dan Luckman maka akan mengarah kepada tiga aspek dialektika: Objective Reality, Symbolic Reality dan Subjective Reality. Objective reality dalam konstruksi pemahaman adalah keyakinan bahwa al-Qur'an merupakan sumber berkah. Lalu ada ekspresi simbolik dari keyakinan tersebut (Symblolic reality) berupa melakukan sima'an dan tadabbur al-Quran. Sedang pada Subjective Reality, dengan dilaksanakannya sima'an dan tadabbur pada kegiatan majelis tersebut maka akan didapatkan barakah di sepanjang kegiatan tersebut berlangsung.

References

Abshor, Muhammad Ulil. “Tradisi Resepsi Al-Qur’an di Masyarakat Gemawang Sinduadi Mlati Yogyakarta: (Kajian Living Qur’an)”. QOF 3, no 1 (2019): 41-54.

Ash-Shiddiq, Abdul Aziz. Wawancara secara langsung oleh Rosyid Munawar dengan salah seorang mentor pada Jumat, 10 Mei 2024. Rekaman audio, 19:42.

Atabik, Ahmad. "The Living Qur'an: Potret Budaya Tahfiz al-Qur'an di Nusantara." Jurnal penelitian 8, no1 (2014): 161-178.

Banan, Hilwa Syahidah. Wawancara secara online oleh Rosyid Munawar dengan salah seorang aktivis Gerakan Tarbiyah senior pada Kamis, 9 Mei 2024. Audio & pesan ketik, 11:49.

Esack, Farid. The Qur'an: a short introduction. t.tp: Oneworld, 2002.

Fox, Jonathan. An introduction to religion and politics: Theory and practice. Routledge, 2018.

Fuad, Ai Fatimah Nur. "Kajian literatur tentang perkembangan historis dan transformasi dakwah gerakan tarbiyah di Indonesia." Jurnal Lektur Keagamaan 17, no 2 (2019): 349-382.

Hasbillah, Ahmad‘Ubaydi. Ilmu Living Qur’an-hadis: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Tangerang: Maktabah Darus-Sunnah, 2019.

Junaedi, Didi. "Living Qur’an: Sebuah Pendekatan Baru dalam Kajian Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren As-Siroj Al-Hasan Desa Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon)." Journal of Qur'an and Hadith Studies 4, no 2 (2015): 169-190.

Karman, K. "Konstruksi Realitas Sosial Sebagai Gerakan Pemikiran (Sebuah Telaah Teoretis terhadap Konstruksi Realitas Peter L. Berger)." Jurnal Penelitian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika 5, no 3 (2015): 11-23.

Latif, Yudi. Indonesian Muslim intelligentsia and power. Institute of Southeast Asian Studies, 2008.

Lestari, Fuji. "Al-Qur’an dan Penyembuhan (Studi Living Qur’an Tentang Praktek Pengobatan Alternatif Bengkel Menungso di Dusun Jaten Kelurahan Pedurungan Tengah Kecamatan Pedurungan Semarang)." PhD diss., Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2018.

Mansur, Muhammad. Living Qur’an dalam Lintasan sejarah studi Al-Qur’an. Metode Penelitian Living Qur’an dan Hadis. Yogyakarta: Teras, 2007.

Marwanto. Wawancara secara online oleh Rosyid Munawar dengan salah seorang anggota majelis Wening Ati pada Minggu, 12 Mei 2024. Audio & pesan ketik, 18:43.

Mustaqim, Abdul. Metode penelitian Al-Qur’an dan tafsir. t.tp, 2017.

Permata, Ahmad Norma. "A study on the internal dynamics of the justice and welfare party (PKS) and Jama'ah Tarbiyah." Regime change, democracy, and Islam: The case of Indonesia (2013).

PKS, DPP. Manajemen Tarbiyah Anggota Pemula. Bandung: DPP PKS dan PT Syamil Cipta Media, 2003.

Pusat, Partai Keadilan Sejahtera Majelis Pertimbangan. "Memperjuangkan masyarakat madani: Falsafah dasar perjuangan dan platform kebijakan pembangunan PK Sejahtera. t,tp. 2008.

Quthb, Sayyid. Ma’alim Fi Ath-Thariq, ttranslated by Mahmud Harun Muchtarom. Yogyakarta: Darul Uswah, 2009.

Rahman, Fazlur. Tema Pokok Al-Quran. Translated by Anas Mahyuddin. Bandung: Pustaka (1983).

Said, Hasani Ahmad, and Sunandar Ibnu Nur. "Penyuluhan Islam di Era Modern: Potret Dakwah sebagai Media Komunikasi Profetik." Jurnal Bimas Islam 9, no 1 (2016): 83-116.

Shihab, Najwa, and Yanuar Nugroho. "The ties that bind: Law, islamisation and indonesia's prosperous justice party (PKS)." Austl. J. Asian L 10 (2008): 233.

Wijaya, Aksin. Kamus Ilmu al-Qur’an. Jakarta: Amzah, 2006.

Wiktorowicz, Quintan, ed. Islamic activism: A social movement theory approach. Indiana University Press, 2004.

Wahyudi. "Pemahaman Jama’ ah Sema’ an Al-Qur’ an Jantiko Mantab tentang Banyu Barokah." IBDA: Jurnal Kajian Islam dan Budaya 18, no 1 (2020): 31-47.

Zaman, Akhmad Roja Badrus. "Living Qur’an Dalam Konteks Masyarakat Pedesaan (Studi Pada Magisitas Al-Qur’an Di Desa Mujur Lor, Cilacap)." Potret Pemikiran 24, no 2 (2020): 143-157.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

munawar, rosyid, Hirzumaula Muhammad, R., & Ahmad Said, H. (2024). Menelisik Living Quran pada Ormas: Tradisi Sima’an dan Tadabbur Majelis Wening Ati di Desa Kebonan Boyolali. lumul Qur’an: urnal ajian lmu l-Qur’an an afsir, 4(2), 241–257. etrieved from https://ojs.stiudq.ac.id/JUQDQ/article/view/342