Kaligrafi Sebagai Implementasi Living Qur'an di SD IT Darul Quran Mulia Bogor
DOI:
https://doi.org/10.58404/uq.v4i2.341Keywords:
Kaligrafi Al-Qur'an, lingkungan belajar, identitas Islami, pendidikan Islam, Living Qur'anAbstract
Tulisan ini menjelaskan pemanfaatan kaligrafi ayat-ayat al-Qur'an sebagai elemen dekoratif pada lingkungan belajar Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Quran Mulia Bogor, sebagai bentuk praktik Living Qur'an. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif fenomenologis dan kerangka teori interaksionisme simbolik serta behavioristik, studi ini mengungkap bahwa kaligrafi tidak hanya berperan sebagai ornamen estetik, melainkan juga berfungsi sebagai artefak kultural yang mengukuhkan identitas Islami sekolah. Selain itu, kaligrafi juga berperan sebagai medium pembelajaran yang memperkaya pengalaman siswa dalam seni kaligrafi serta memperkuat internalisasi nilai-nilai agama. Temuan ini mengindikasikan potensi kaligrafi sebagai perangkat pedagogis yang efektif dalam konteks pendidikan Islam dan praktik Living Qur'an.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fauzan Ashar Nur Huda, Muhammad Iqbal Shidiq, Hasani Ahmad Said
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.